5 Macam Jenis Sablon Kaos Yang Sering Digunakan

Memiliki baju kaos dengan gambar yang sesuai keinginan, kini tidak lagi sulit karena sudah banyak jasa pembuatan kaos sekaligus sablon atau print kaos yang bisa membantu membuatkan baju yang kita kehendaki.

Dalam beberapa tahun terakhir, baju kaos dengan kreasi buatan sendiri, memang lagi trend. Ada yang membuat desain gambar baju kaos berupa karikatur wajah,tulisan yang menunjukkan identitas diri atau kelompok, bisa juga tulisan lucu unik dan menarik. Beragam pilihan desain gambar, membuat semakin banyak saja orang yang ingin membuat baju kaos atau istilahnya sekarang adalah custom.

Sablon Kaos Digital

Jika saat ini anda berniat ingin memesan baju kaos, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis sablon, mulai dari sablon manual hingga sablon kaos digital . Berikut penjelasan lengkapnya:

1.       Sablon Manual

Jenis sablon ini memang yang paling lama digunakan, boleh dibilang  jadul, namun justru umum dipakai oleh kalangan tukang sablon. Cara penerapannya yang mudah, tidak memerlukan banyak peralatan dan biaya membuat jenis sablon manual cukup diminati. Teknik sablon ini memakai stensil berbahan kayu atau bisa juga alumunium, dimana saat proses pencetakan diletakkan di atas baju kaos yang ingin disablon. Jika ingin memberikan warna yang berbeda, dapat menggunakan tinta lain pada stensil.

2.       Sablon Plastisol

Sablon plastisol sering juga disebut dengan heat transfer karena menggunakan media panas untuk membuat sablon. Jadi, gambar desain yang akan ditempelkan pada baju kaos, terlebih dahulu menggunakan media kertas, barulah setelah itu kertas diletakkan di atas baju kaos. Agar desain gambar melekat kuat, diperlukan bantuan panas dan tekanan, dengan bantuan panas tersebut  tinta sablon akan lebih kuat dan tahan lama menempel pada baju.

3.       Sablon Digital

Seiring perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, menyablon tidak lagi harus repot seperti dulu berkat adanya alat printer inkjet. Sablon menggunakan printer khusus biasa disebut juga dengan sablon digital. Desain gambar dibuat melalui proses digital atau computer sehingga bisa membuat gambar sedetail mungkin, setelah itu barulah dicetak pada bagian baju kaos. Karena beberapa kelebihan yang bisa didapatkan jika menggunakan sablon digital, membuat jenis sablon ini lebih mahal.

4.       Sablon Bordir

Dari sekian jenis sablon yang ada, jenis sablon bordir adalah yang paling lama proses pembuatannya karena memerlukan keahlian, ketelitian dan juga kesabaran. Hasil sablon bordir berbeda dengan jenis sablon lainnya karena menggunakan teknik jahitan, bukan tinta. Oleh karena itu, sablon bordir lebih sering dipakai untuk jenis desain gambar yang kecil-kecil saja seperti tulisan atau logo.

5.       Sablon Lukis

Kelebihan dari sablon lukis ialah hasilnya yang orisinal, artistik dan juga unik.  Pengerjaannya memang manual menggunakan tangan sehingga memerlukan keahlian, daya imajinasi dan kreatifitas. Saat ini, sablon lukis sangat diminati khususnya oleh kalangan anak muda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *